Tingkatkan Potensi Bisnis, Peserta WEC Berjejaring dengan Berbagai Stakeholder

SEMARANG – Sebanyak 20 peserta terpilih dalam program Women Ecosystem Catalyst (WEC) mengikuti networking session atau sesi untuk saling berjejaring, di Openaire, Semarang, Jawa Tengah, pada 6 Juni 2024. Dari sesi ini, diharapkan membuka kesempatan memperluas jaringan bisnis dan membuka ruang untuk berkolaborasi. 

Networking session bagian dari rangkaian WEC 2024 yang telah berlangsung sejak Januari 2024. WEC merupakan program yang digagas PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) bersama Perkumpulan Imajinasi Penaja Mula dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah.

Kesempatan memperluas jejaring bisnis

Di networking session, para peserta WEC mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari berbagai latar belakang. Lebih dari 21 stakeholder hadir untuk berbagi, di antaranya soal keuangan, riset, dan teknologi.

Co-founder Shestarts Indonesia, Geraldine Christina, mengaku sangat antusias bertemu para peserta WEC yang dinilainya punya banyak pengalaman bisnis. 

“Luar biasa sekali acara ini karena bisa mempertemukan kami semua para perempuan yang mau belajar dalam berbisnis. Senang sekali dapat berbagi dan mengembangkan bisnis secara bersama-sama yang harapannya dapat berkembang bersama-sama dan berkelanjutan,” kata Geraldine.

Para stakeholders mendapatkan pitch deck mengenai bisnis yang dijalankan 20 peserta sebagai bekal untuk berdiskusi selama sekitar 105 menit. Mereka pun memanfaatkannya dengan saling berbagi tentang bisnis yang dijalankan.

Selain Shestarts Indonesia, hadir pula Cakra Venture, Empat Capital, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia, Angel Investor Network (ANGIN), Ecoxyztem, SETC, Kamar Dagang & Industri Indonesia, Amartha, BNI Ventures, Brawijaya Healthcare Group, Dattabot, Capital, HASAN VC, Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN, Jateng Ventura, SPIL Ventures, Living Lab Ventures,

Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), FTA Semarang, dan Perkumpulan Hotel & Restoran Jawa Tengah.

Apa kata peserta yang mengikuti networking session?

Mitshi Wanma, penggerak usaha jasa Wisata Edukasi Budaya Papua, mengaku sangat senang terpilih sebagai salah satu peserta WEC 2024. Baginya, kesempatan ini membuka ruang untuk saling berbagi pengalaman bisnis dan meluaskan jaringan.

“Saya sangat senang bisa bergabung di 20 besar peserta terbaik, sehingga saya mendapatkan ilmu terbaik melalui program-program yang diberikan. Harapan saya, kegiatan ini tidak berhenti tahun ini saja, tetapi dapat berlanjut ke depannya” ujar Mitshi.

Mitshi dan 19 peserta lainnya terpilih menjadi 20 peserta terbaik dari 1.500 pendaftar WEC 2024. Para peserta adalah pelaku UMKM dan startup perempuan, dan bergerak di berbagai bidang bisnis seperti food and beverages, teknologi, fesyen dan kerajinan, pertanian, dan wellness.

Tak hanya networking session, para peserta juga telah menjalani berbagai rangkaian acara WEC selama lima bulan terakhir. Sebelumnya, mereka mengikuti participant grooming. Dalam sesi ini, para peserta memperdalam pengetahuan public speaking dalam bisnis, dan mengasah kemampuan dalam menyusun perencanaan bisnis.

Kunjungan ke empat lokasi usaha di Semarang juga menjadi rangkaian kegiatan yang dilakukan para peserta WEC. Keempat lokasi itu adalah Oud en Nieuw by Toko Oen, Albitec, Crocodic, dan Ria Miranda. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan bisa mendapatkan pembelajaran langsung dari para pelaku usaha yang berhasil mengembangkan bisnisnya.

Melalui WEC 2024, Sampoerna Kembali wujudkan komitmen pemberdayaan wirausaha dan organisasi perempuan. 

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *