6 Trik Mencapai Kesuksesan Bisnis Kreatif
Bisnis kreatif adalah bisnis yang lebih menonjolkan pada kreativitas sehingga menciptakan suatu produk yang unik dan punya ciri khas tertentu. Inovasi harus selalu dilakukan untuk tetap eksis dalam bisnis ini.
Konsumen adalah salah satu tempat untuk menyerap ide kreatif dan inovasi yang dilakukan. Pengalaman dari konsumen dan sesuatu yang sedang hit atau ngetrend menjadi hal yang wajib diperhatikan untuk keberlangsungan bisnis yang akan dijalankan.
Ada 6 trik yang harus dilakukan oleh pebisnis agar bisnis kreatif ini mencapai kesuksesan. Trik atau strategi ini memerlukan action yang nyata agar terlihat hasilnya.
1. Berpengetahuan luas tentang bisnis yang akan dijalani
Mengapa pengetahuan menjadi hal utama yang harus dimiliki pebisnis? Mempunyai pengetahuan tentang langkah bisnis yang akan dilakukan adalah syarat mutlak untuk tercapainya keberhasilan.
Bisnis yang dilakukan secara tidak terstruktur mungkin bisa saja berhasil meraih kesuksesan. Namun, biasanya itu hanya sementara saat naik daun saja dan saat inovasi tidak dilakukan, konsumen akan merasa bosan dan berpindah ke lain hati. Kehidupan ibarat roda yang berputar, begitu pula dengan bisnis kreatif ini. Karena itu kita wajib mempunyai pengetahuan yang mendalam terkait bisnis yang hendak kita jalankan.
Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalani yaitu:
1.1 Lakukan riset pasar
Riset pasar dilakukan untuk melihat peluang bisnis apa yang bisa kita jalankan. Kenali tentang pasar dan siapa calon konsumen kita sehingga apa yang mereka butuhkan dapat kita penuhi dalam bisnis kreatif ini. Bagaimana pangsa pasarnya, siapa konsumennya, apa bahan bakunya, bagaimana pemasarannya, bagaimana manajemen risiko dan semua hal tentang bisnis yang akan dijalani.
1.2 Selalu upgrade/meningkatkan ilmu bisnis
Ilmu berkembang sesuai zamannya maka upgrade ilmu tidak boleh ditinggalkan. Trend bisnis selalu berubah maka ilmu bisnis pun berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Mengambil ilmu bisnis saat ini mudah dilakukan, bisa dengan mengikuti seminar bisnis, talk show, ikut kelas bisnis dan kursus kelas bisnis.
2. Tidak lelah berinovasi
Inovasi adalah hal yang mutlak wajib ada dalam bisnis kreatif ini. Inovasi adalah hal mendasar yang menjadi perhatian utama agar bisnis ini tetap eksis. Tanpa inovasi bisnis kreatif bisa mati suri. Karena bisnis kreatif ini pangkal utamanya adalah penemuan hal-hal yang baru dan unik sehingga bisa menjadi nilai tambah suatu produk atau layanan.
Cara berinovasi yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:
2.1 Memahami kebutuhan konsumen
Konsumen menjadi tolok ukur dalam perkembangan bisnis. Apa yang dibutuhkan konsumen maka pebisnis harus peka dan tanggap dalam membuat inovasi suatu produk.
Pengalaman dari konsumen adalah informasi penting yang wajib diperhatikan. Apa saja kebutuhan konsumen, pelayanan apa yang membuat mereka senang, situasi seperti apa yang membuat mereka nyaman, maka hal inilah yang menjadi perhatian utama bagi pebisnis. Dalam rangka untuk memperbaiki kualitas produk dan memperbagus layanan sebagai solusi yang tepat, dimana hal tersebut akan membuat konsumen semakin tertarik dengan bisnis kreatif yang kita tawarkan.
2.2 Catat semua ide baru yang muncul
Ide-ide baru bisa muncul di mana saja dan kapan saja maka perlu dicatat agar tidak lupa. Ide ini terinspirasi dari hal-hal di sekitar kita atau bahkan kebiasaan kita pun bisa menjadi ide hebat yang bisa digunakan untuk memproduksi atau memperbaiki suatu produk/ layanan.
2.3 Digitalisasi sebagai solusi
Dalam sebuah talk show yang merupakan rangkaian kompas 100 CEO forum ke-13 powered by East Ventures : CEO on stage Prasetiya Mulyana digelar di Universitas Prasetya Mulya Jakarta, selasa (18/10/2022), salah seorang narasumber bernama David Audy (Operating Partner at East Ventures) mengatakan “Agar setiap proses tidak terlalu manual (tidak efisien), (butuh) menerapkan transformasi digital. Misalnya, dengan penggunaan tanda tangan digital”.
Transformasi digital diperlukan para pebisnis untuk memudahkan proses bisnis yang dilakukan. Mengapa pebisnis harus melek digital? Agar kerja menjadi efisien, itulah salah satu faktor penting adanya transformasi digital.
Tanpa digital kerja masih manual, bukan tidak mungkin pekerjaan yang seharusnya hanya satu jam bisa selesai menjadi sehari baru selesai. Bayangkan jika bisnisnya sudah ramai dan banyak orderan apakah pekerjaan manual masih bisa dikerjakan dengan cepat? Tentu jawabnya tidak.
Digitalisasi akan sangat membantu pebisnis, membantu usaha mereka agar berkembang dan tetap eksis keberadaannya. Transformasi digital penting untuk dilakukan agar lebih efisien dan menghemat anggaran.
3 Ciptakan strategi pemasaran
Strategi pemasaran produk atau layanan yang jitu harus diambil dengan banyak pertimbangan, dengan menimbang faktor risiko terkait keberhasilan atau kegagalan yang akan diperoleh. Strategi pemasaran yang bagus akan meraih kesuksesan secara maksimal.
3.1 Cari banyak sudut pandang lain
Sudut pandang lain bisa berupa masukan atau kritikan dari orang lain sebagai konsumen atau partner bisnis yang akan membantu kita dalam meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang ada. Selain itu, bisa pula dengan mempelajari keberhasilan suatu bisnis yang dilakukan orang lain, baik bisnis serupa atau berbeda karena bisa menginspirasi kita. Serta tak kalah pentingnya adalah banyak membaca untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan yang muncul dari bisnis yang dilakukan.
3.2 Pertahankan kualitas produk yang baik
Bisnis kreatif akan bisa berkembang dengan menyediakan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih agar konsumen tertarik terhadap produk tersebut. Ketertarikan konsumen menjadi magnet tersendiri terhadap suatu produk sehingga produk diharapkan mempunyai nilai lebih yang menjadikan harga tawar yang tinggi.
3.3 Tangkap peluang yang muncul
Peluang yang ada merupakan harta karun bagi seorang pebisnis. Bukan hal berlebihan jika dikatakan demikian karena harta karun adalah sesuatu yang diburu dan dicari manusia di dunia ini. Permisalan peluang yang muncul ibarat harta karun karena merupakan suatu kesempatan yang langka dan berharga yang wajib segera ditindak lanjuti untuk keberlangsungan bisnis.
4 Berkolaborasi antar bisnis
Kolaborasi atau kerjasama bisa dilakukan antar skill yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil maximal dalam suatu bisnis. Kolaborasi antar bisnis dengan mengerahkan kelebihan masing-masing sehingga terbentuk kekuatan tim yang bagus di dalamnya.
4.1 Open minded (berpikiran terbuka)
Berkolaborasi bisnis sangat berguna untuk saling menguatkan dengan potensi kelebihan masing-masing pihak yang bekerjasama. Kolaborasi tidak akan tercapai jika tidak adanya open minded. Berpikiran terbuka membuat hidup lebih berwarna dan siap menerima masukan, kritikan dan pengembangan bisnis yang dijalani menjadi lebih maksimal dalam berusaha.
4.2 Positif thinking ( berpikiran positif)
Kolaborasi bisnis adalah suatu hubungan mutualisme yang diharapkan oleh pihak-pihak yang bekerjasama. Sumber kekuatan kolaborasi terletak pada sikap positif thinking dengan pihak lain. Bisnis yang positif harus dimulai dari pemikiran positif, kerjasama positif dan semua hal yang positif. Positif thinking menjadi bekal utama saling percaya sehingga tercipta suasana kondusif dalam bekerjasama.
5 Sehat keuangan
Sehat keuangan berdampak pada kepercayaan para pemodal dan pebisnis. Kerjasama atau kolaborasi bisa terbentuk dengan baik salah satu syaratnya adalah sehat dari segi keuangannya.
5.1 Jangan takut ambil resiko
Sehat keuangan menjadi indikasi suatu bisnis berjalan positif dan bisa berkembang. Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan dan perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan . Dalam berbisnis kesempatan yang ada jangan disia-siakan. Jangan takut ambil resiko dan tetap waspada terhadap keuangan karena sebagai modal penting dalam memajukan bisnis kreatif ini.
5.2 Selektif dalam keuangan
Salah satu indikasi sehat keuangan adalah selektif dalam keuangan. Selektif disini bermakna berhati-hati dalam menggunakan keuangan untuk pemakaian bisnis. Secara teratur memantau arus kas bisnis, membelanjakan pengeluaran dengan bijak dan menentukan harga produk atau layanan yang sesuai dengan menimbang biaya produksi dan laba yang akan diperoleh.
6 Gerak cepat
Cepat bertindak atau gerak cepat menangkap peluang bisnis adalah salah satu faktor penting keberlangsungan bisnis kreatif. Bisnis kreatif lebih mengunggulkan nilai lebih dari suatu produk atau layanan sehingga persaingan di semua lini tentu lebih ketat. Ambil peluang dan action nyata adalah sikap yang benar dan perlu mendapat perhatian.
6.1 Bertindak cepat dan cermat
Bisnis tanpa action adalah nonsense. Bisnis perlu aksi nyata untuk menjalankannya agar bisa berkembang dengan baik. Bertindak cepat mengambil peluang yang muncul dan tetap cermat terhadap kondisi keuangan dan kemampuan yang dimiliki.
6.2 Selalu mempertimbangkan resiko dan keuntungan yang akan diperoleh
Berbisnis apapun akan ada dampak positif dan negatifnya. Berhati-hati, selalu mempertimbangkan untung rugi suatu bisnis agar kemajuan suatu bisnis yang dijalani bisa tercapai. Buat manajemen risiko terhadap suatu bisnis yang akan dijalankan untuk mengurangi kegagalan.
Bisnis kreatif memiliki potensi berkembang baik di masa mendatang. Untuk menunjukkan keberadaan dan keberlangsungan bisnis kreatif ini diperlukan strategi atau trik yang bagus dan efisien.
Ada beberapa cara yang bisa ditempuh antara lain mempunyai pengetahuan tentang bisnis yang dijalankan, selalu berinovasi untuk mendapatkan nilai tambah suatu produk dan layanan sehingga mempunyai daya tawar tinggi dan menarik hati konsumen, sehat keuangan, gerak cepat dan action nyata dalam berbisnis, tidak menunda-nunda sehingga hilang kesempatan yang datang, dan berpikiran terbuka dan positif untuk bekerjasama dan berkolaborasi antar pebisnis.