More
    BerandaEKONOMINataru 2025/2026: KAI Daop 1 Jakarta Siapkan Lebih Dari 909 Ribu Tempat...

    Nataru 2025/2026: KAI Daop 1 Jakarta Siapkan Lebih Dari 909 Ribu Tempat Duduk, Penjualan Terus Naik, Yuuk Manfaatkan Beragam Promo yang Disediakan

     

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat 289.380 pelanggan telah melakukan pemesanan tiket untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan Kereta Api Lokal pada masa liburan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Angka ini diperkirakan masih dapat terus bertambah karena penjualan tiket berlangsung hingga hari keberangkatan.

    Peningkatan mobilitas masyarakat pada periode Nataru 2025/2026 ini menjadi momentum bagi KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan melalui semangat “KAI Semakin Melayani”, menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, humanis, serta memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

    Dari total pemesanan, 280.502 pelanggan merupakan pengguna KAJJ, sementara 8.878 pelanggan adalah pelanggan KA Lokal Pangrango.

    Keberangkatan KAJJ Wilayah Daop 1 Jakarta

    Pelanggan KAJJ yang berangkat dari beberapa stasiun Daop 1 Jakarta tercatat sebagai berikut:

    Stasiun Gambir: 57.844 pelanggan

    Stasiun Pasar Senen: 135.442 pelanggan

    Stasiun Bekasi: 39.454 pelanggan

    Stasiun Cikarang: 22.001 pelanggan

    Stasiun Jatinegara, Karawang, dan Cikampek: 25.761 pelanggan

    Tingginya pemesanan ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI yang terus ditingkatkan setiap tahunnya.

    Volume KA Lokal Pangrango

    Untuk KA Lokal Pangrango, volume pelanggan tertinggi tercatat di:

    Stasiun Bogor Paledang: 4.594 pelanggan

    Stasiasiun Sukabumi: 2.421 pelanggan

    Stasiun Cisaat: 825 pelanggan

    Lintas lainnya: 1.038 pelanggan

    Kapasitas Tempat Duduk Selama Nataru

    Pada masa Nataru tahun ini, KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 909.536 tempat duduk, terdiri dari:

    367.020 tempat duduk keberangkatan Gambir

    441.932 tempat duduk keberangkatan Pasar Senen

    100.584 tempat duduk untuk KA Lokal Pangrango dan Siliwangi

    Upaya ini memastikan pelanggan memiliki lebih banyak pilihan perjalanan dan jadwal keberangkatan.

    Kapasitas dan Perjalanan KA Jarak Jauh

    Selama periode Nataru tahun ini, pola operasional perjalanan KAJJ di wilayah Daop 1 Jakarta adalah sebagai berikut:

    Total 1.530 perjalanan KAJJ, dengan rata-rata 85 perjalanan per hari.

    Stasiun Gambir:

    810 perjalanan KAJJ (rata-rata 45 perjalanan per hari)

    Tersedia 367.020 tempat duduk, atau rata-rata 20.390 tempat duduk per hari

    Stasiun Pasar Senen:

    720 perjalanan KAJJ (rata-rata 40 perjalanan per hari)

    Tersedia 441.936 tempat duduk, atau rata-rata 24.552 tempat duduk per hari

    KA Lokal Pangrango relasi Bogor Paledang – Sukabumi PP dan Siliwangi relasi Sukabumi – Cipatat, sebanyak 198 Perjalanan KA Lokal Disiapkan Selama Nataru.

    Rinciannya sebagai berikut:

    1. KA Pangrango

    Total perjalanan: 144 KA

    Rata-rata per hari: 8 perjalanan dengan 3.680 tempat duduk

    2. KA Siliwangi

    Total perjalanan: 54 KA

    Rata-rata per hari: 3 perjalanan dengan 1.908 tempat duduk

    Berbagai Diskon untuk Pelanggan Selama Masa Nataru

    Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, serta wujud dari komitmen “KAI Semakin Melayani”, KAI Daop 1 Jakarta juga menyediakan berbagai promo menarik selama periode Nataru, antara lain:

    Diskon hingga 30% untuk sejumlah KA Ekonomi Komersial

    Diskon 20% untuk pelanggan Lansia

    Diskon 20% untuk pelanggan Difabel/disabilitas

    Beragam promo lainnya yang dapat dinikmati melalui aplikasi Access by KAI, loket stasiun tertentu, serta kanal resmi penjualan KAI

    Program promo ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan keringanan biaya perjalanan bagi masyarakat.

    PYMT Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Detty Nurfatma Kusumah, menyampaikan bahwa seluruh jajaran Daop 1 Jakarta terus memperkuat kualitas layanan di masa puncak liburan.

    “KAI berkomitmen memberikan pelayanan terbaik pada masa Nataru 2025/2026. Data pemesanan tiket masih akan bertambah hingga hari keberangkatan. Selain kesiapan operasional, kami juga menghadirkan berbagai program diskon sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Dengan semangat KAI Semakin Melayani, kami ingin perjalanan masyarakat lebih nyaman, aman, dan menyenangkan,” ujar Detty.

     

    Press release ini juga sudah tayang di VRITIMES.

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Must Read

    spot_img